Bomber Graf!TY Indonesia

Jangan cuma kanvas yang di gambar tembok juga

Ilmu Budaya Dasar

“Apakah sebenarnya pengertian dari Ilmu Budaya Dasar itu??

Secara sederhana, Ilmu Budaya Dasar dapat diartikan sebagai pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuna dasar dan pernegrtian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan. Untuk mengetahui Ilmu Budaya Dasar termasuk pengetahuan budaya, maka Prof. Dr. Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
Ilmu Ilmu Alamiah (natural science) yang bertujuan untuk mengetahui keteraturan yang terdapat pada alam semesta. Untuk mengkajinya digunakan metode ilmiah. Yang termasuk kelompok ilmu alamiah antara lain astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran dan mekanika.
Ilmu Ilmu Sosial (social science) yang bertujuan untuk mengkaji keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu ilmu alamiah. Yang termasuk kelompok ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial dan sosiologi hukum.
Pengetahuan Budaya (the humanities) yang bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkajinya digunakan metode pengungkapan peristiwa peristiwa dan pernyataan pernyataan yang bersifat unik, lalu diberi arti. Pengetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian (disiplin) seni dan filsafat, yang dapat dibagi kedalam beberapa keahlian yaitu seni tari, seni musik, seni rupa, dll.

“Apakah tujuan dari Ilmu Budaya Dasar yang kita pelajari ?”

Penyajian mata kuliah ini merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan yang tibul di masyarakat kita. Ilmu Budaya Dasar diajarkan semata mata untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuannya mengkritik dan menganalisis permasalahan yang ada disekitarnya.

Sama dengan mata kuliah lain, Ilmu Budaya Dasar memiliki batasan ruang lingkup yang harus dipelajari.

“Mana sajakah ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar ini?”

Berdasarkan kerangka tujuan yang telah dibahas sebelumnya, terdapat dua masalah pokok yang dapat dipertimbangkan untuk menentukan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar, yaitu :
» berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya mencangkup masalah kemanusiaan dan budaya
» hakekat manusia yang satu atau universal

Dengan melihat kedua masalah tersebut, jelas terlihat bahwa manusia merupakan titik sentral dalam pengkajian, bukan sebagai subyek melainkan sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungannya dengan manusia, alam dan Tuhannya.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan antara lain :
manusia dan cinta kasih
manusia dan keindahan
manusia dan penderitaan
manusia dan keadilan
manusia dan pandangan hidup
manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
manusia dan kegelisahan
manusia dan harapan

Kedelapan pokok bahasan tersebut termasuk dalam karya karya yang mencangkup dalam pengetahuan budaya. Karya karya apa saja yang akan digunakan tergantung pada keadaannya, antara lain pada persediaan karya yang ada.

About these ads

21 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized

1 Komentar »

  1. [...] Cinta dan Kasih – Ilmu BUdaya Dasar – Manusia dan [...]

    Ping balik oleh Bomber Graf!TY Indonesia | 21 Maret 2010 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: