Bomber Graf!TY Indonesia

Jangan cuma kanvas yang di gambar tembok juga

ilmu sosial dasar

Ringkasan Pertemuan Sosial Dasar

Saat itu hari Senin, tanggal 14 September 2009. Di hari itu, pada jadwal terakhir ada mata kuliah sosial dasar. Sebelum mata kuliah sosial dasar, ada mata kuliah algoritma dan pemrogaman 1B, wah!! Padahal baru pertemuan kedua tapi sudah diberi tes(~_~). Haaaaaah, kerjain sebisa mungkin aja deh. Tapi kalau dipikir baik-baik itu tes ada sisi positifnya sih (tapi setelah dipikir dengan sangat baik-baik lho), aku jadi tahu lebih banyak mengenai Qbasic sehingga aku mulai bisa menyukai mata kuliah ini dan selesai ngasih tes dosennya langsung pergi, jadi banyak waktu luang deh(^_^). Nah balik lagi ke mata kuliah sosial dasar, dimulai pada pukul 04.30, gw datang pada pukul 04.25 ( I’m a good student, didn’t i ? ^^) di ruangan D340, tempat mata kuliah sosial dasar berlangsung. Di situ dijelaskan bahwa betapa pentingnya soft skill. Apa itu soft skill??? Dari yang kutangkap, soft skill itu kemampuan kita untuk bersosialisasi dalam dunia kerja seperti misalnya kemampuan bekerja dalam tim dan bersosialisasi dengan rekan kerja. Dan ada berita yang cukup menarik yang kudengar, katanya lulusan UI memiliki kekurangan pada soft skillnya (hahahaha UI lho, salah satu universitas terkemuka dalam negeri, mau ditaruh dimana tuh muka??? Just joking).

 

Di situ juga dijelaskan tentang 4 nilai manusia yaitu, IQ (Intellegence Quotient), EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient), dan satu lagi yang baru pertama kali kudengar tapi ternyata penting juga, yaitu AQ (Adversity Quotient, itu juga kalau tidak salah dengar yah). Ternyata AQ ini menentukan seberapa besar ketahanan kita terhadap kemalangan hidup. Jadi semakin besar AQ kita maka kita akan semakin kuat dalam menghadapi cobaan dalam hidup (well, hidup ngga cuma senang-senang aja, karena itulah hidup tak pernah membosankan^^ puitis mode on). Begitulah kira-kira yang dijelaskan saat itu, menurutku dengan adanya pelajaran soft skill ini kami sebagai mahasiswa Gunadarna diharapkan dapat menjadi manusia yang cerdas, baik dalam kemampuan maupun bersosialisasi.

 

Itu yang terdengar oleh seorang dosen ISD (Ilmu Sosial Dasar) dari Universitas Gunadarma. Dijaman yang modern ini mahasiswa di tuntut mempunyai sebuah soft skill, di karenakan lapangan pekerjaan sekarang ini tidak hanya menuntut kita sebagai lulusan dari universitas yang mempunyai sebuah kepintaran dan kecerdasan saja, tapi bagai mana nanti kita lihai dalam sebuah team work, disaat melobi kepada seseorang, atau saat kita presentasi.

Sekarang Universitas Gunadarma yang sudah memulai program ISD (Ilmu Sosial Dasar) untuk para mahasiswanya yang baru, mendidik agar para mahasiswa tersebut dapat mempunyai soft skill tersebut. Pada saat ISD itu di mulai pertama kalinya banyak sekali mahasiswa yang tidak tahu betapa pentingnya soft skill tersebut, padahal adanya soft skill tersebut membuat kita menjadi bisa dalam menghadapi hal mudah tapi terkadang kita susah untuk melakukanya, contohnya memberikan sebuah contoh tema saja dari suatu masalah yang di berikan oleh dosen, mahasiswa yang di berikan terkadang gugup atau tidak mengerti apa yang di perintahkan oleh sang dosen tersebut.

ISD sendiri mengajarkan atau mendidik kita ada dalam tingkatan – tingkatan tersendiri, ada mulai dari bagaimana kita bisa berbicara yang baik dan benar di depan umum, ada bagai mana kita bisa memimpin suatu rapat, dll. Karena ISD itu sendiri tujuannya adalah membangun softskill yang sebenarnya sudah kita miliki, hanya bagai mana kita mau atau tidakkah mengasah softskill itu sendiri.

23 November 2009 - Posted by | ilmu sosial dasar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: