Bomber Graf!TY Indonesia

Jangan cuma kanvas yang di gambar tembok juga

Sosiologi dan Hakekatnya

SOSIOLOGI DAN HAKEKATNYA

Istilah sosiologi berasal dari kata Socius dan Logos. Socius (bahasa Latin) berarti kawan dan Logos (bahasa Yunani) berarti kata atau bicara. Dengan demikian, ilmu sosiologi adalah ilmu yang berbicara mengenai masyarakat.

Para ahli kemudian mencoba memberikan definisi yang lain tentang sosiologi, walaupun ada intinya definisi yang mereka kemukakan tidak beda jauh dengan arti kata secara etimologis. Ada banyak tokoh yang berusaha mendefinisikan sosiologi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Auguste Comte mengemukakan bahwa sosiologi adalah suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejala dalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah.
2. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubaan sosial.
3. Pitirin A. Sorokin mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbale balik antar aneka macam gejala-gejala social dan non social, serta cirri-ciri umum dari semua jenis gejala-gejala social.
4. Roucek dan Waren mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan kelompok.
5. Max Weber mengemukakan bahwa sosiologi mempelajari tindakan-tindakan sosial.

Dari berbagai pendapat para ahli tersebut terlihat bahwa pada umumnya mereka sepakat bahwa sosiologi meruakn ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai interaksi manusia didalam kehidupan sosialnya. Sosiologi memisatkan kajiannya pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut. Adat istiadat, tradisi, nilai-nilai hidup, suatu kelompok, proses interaksi diantara kelompok dan perkembangan lembaga-lembaga sosial merupakan perhatian sosiologi.

HAKEKAT SOSIOLOGI

Sosiologi membatasi diri pada sistem penilaian yang terjadi dewasa ini (berupa petunjuk-petunjuk dan gambaran), bukan apa yang seharusnya terjadi, juga tidak menentukan kearah mana harusnya suatu kebujakan melangakah.

Sosiologi merupakan ilmu murni (pure sciene) bukan ilmu terapan (applied science), ilmu murni berfungsi meningkatkan secara abstrak kualitas dan mutunya, sedangkan terapan adalah ilmu yang langsung digunakan dan diterapkan agar berguna bagi masyarakat.

Malclver & Page :

Masyarakat adalah suatu sistem dari kebiasaan dan tata cara, dari wewenang dan kerjasama antar berbagai kelompok dan penggolongan, pengawasan tingkah laku, kebebasan dan keseluruhan yang selalu berubah.

Ralp Linton :

Kelompok manusia yang telah hidup dan bekerjasama dalam waktu lama sehingga mereka mengatur kehidupan mereka dan menganggap mereka merupakan suatu kesatuan sosial dengan batasan yang dirumuskan dengan jelas.

Selo Soemardjan :

Orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaan.

Manusia memiliki naluri yang kuat untuk hidup bersama dengan yang lainnya. Semenjak lahirpun manusia memiliki naluri untuk berkawan sehingga diistilahkan Social Animal dan memiliki naluri Gregariousness, suatu keinginan untuk menjadi bagian dari suatu komunitas, dalam pergaulannya tersebut kadang manusia membutuhkan suatu pengakuan kebaradaan diri, dengan menunjukkan kelebihan atau kasukaannya manusia dapat berinteraksi dan mendapatkan reaksi baik positif ataupun negative yang berakibat pula semakin memperluas pergaulan dan sikap tindakannya.

Blog yang berjudul “Apaka Ilmu Pengetahuan itu?”, “Sosiologi dan Hakekatnya”, “objek Sosiologi dan Sejarah Perkembangan Sosiologi” bersumber dari :

– Sosiologi, Kun Muryati & Juju Suryawati, Esis

– Sosiologi politik, K Manto Sunartu, FEIJI

http://www.google.com

21 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: